2 Tanaman Hias Jenis Akar yang Dapat Mempercantik Rumah Anda

Tanaman hias merupakan tanaman yang biasanya digunakan untuk mempercantik rumah, tanaman, acara, bahkan upacara adat dan keagamaan. Jenis tanaman hias yang paling populer adalah bunga. Terdapat berbagai macam bunga yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Namun siapa sangka bahwa bukan hanya bunga, namun ada pula tanaman hias berupa akar yang bisa mempercantik halaman kita.

Tanaman hias jenis akar merupakan tanaman yang memiliki akar yang indah. Tidak seperti akar – akar tumbuhan lain, akar tanaman hias ini berbentuk unik dan indah sehingga seringkali menjadi pilihan orang untuk di tanam di pekarangan rumahnya. Selain itu, tanaman hias berbentuk akar ini dapat dirawat dan dibentuk sehingga bentuknya menjadi lebih unik dan lebih enak dipandang.

Terdapat berbagai macam tanaman hias berbentuk akar yang dapat ditemukan di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah kamboja atau yang sering disebut sebagai adenium, dan beringin. Kedua tanaman tersebut memiliki akar unik yang menarik perhatian. Berikut ini adalah penjelasan dari kedua tanaman tersebut.

[1] Kamboja / Adenium

Tanaman hias akar pertama adalah Adenium atau yang biasa disebut sebagai kamboja jepang bahkan mawar gurun. Mengapa bisa disebut mawar gurun? sebutan tersebut berasal dari asal tanaman ini. Adenium merupakan tanaman dengan bentuk akar unik yang berasal dari daerah gurun pasir yang kering, yaitu daratan Asia Barat hingga Afrika.

Karena asalnya yang berasal dari gurun pasir kering, membuat tanaman ini memiliki ketahanan sangat baik walaupun pada keadaan yang kekurangan suplai air. Tanaman yang dapat tumbuh di daerah kering atau gurun ini, termasuk tanaman yang tidak membutuhkan suplai air yang banyak. Sehingga ia lebih dapat bertahan dari pada tanaman lainnya yang membutuhkan suplai air banyak.

Walaupun adenium tidak membutuhkan suplai air sebanyak tanaman lainnya, namun penyiraman tanaman adenium ini juga harus diperhatikan. Pada musim kemarau, siramlah tanaman hias akar ini dua kali sehari pada pagi dan sore. Tidak perlu menyiram terlalu banyak, hanya cukup hingga tanahnya lembab. Sedangkan pada musim hujan, bila tanaman sudah tersiram air hujan maka anda tidak perlu menyiraminya lagi.

Tanaman yang masuk ke dalam sekelompok tumbuhan Plumeria ini memiliki jenis bunga yang sangat banyak, bahkan sudah banyak dilakukan persilangan. Tidak hanya persilangan, para pencinta adenium juga seringkali merawat dan membentuk adenium sehingga memiliki bentuk yang unik. Seiring dengan bertambahnya keunikan dari adenium, semakin bertambah juga tingkat kemahalannya sehingga sangat dicari oleh para kolektor.

Ketika berbunga, Adenium terlihat sangat indah dengan bunganya yang berwarna sangat cantik. Adenium dapat dibudidayakan dengan berbagai cara, di antaranya adalah grafting, vegetative atau dengan cara generative.

[2] Beringin

Beringin merupakan tanaman hias akar selanjutnya. Tanaman hias yang bernama ilmiah Ficus benjamina ini merupakan tanaman hias yang dapat ditanam dalam pot dan disebut bonsai beringin. Bonsai beringin biasanya memiliki harga sangat mahal karena bentuknya yang unik. Namun anda juga bisa merawatnya sendiri sehingga tidak memerlukan uang yang terlalu mahal untuk mendapatkannya.

Untuk membuat bentuk yang unik pada bonsai beringin, dibutuhkan alat berupa kawat. Kawat tersebut kemudian dililitkan pada tanaman sesuai dengan pola yang diinginkan. Kemudian dilakukan pemotongan secara sangat hati – hati dan penuh kesabaran sehingga tidak merusak tanaman dan persis dengan pola yang telah disiapkan.

Baca juga artikel tentang: bagaimana cara menanam dan memelihara caladium

Bonsai beringin sebaiknya anda tempatkan di daerah yang teduh. Berikan juga lumut pada media tanamnya sehingga mencegah tumbuhnya gulma yang dapat merusak pertumbuhan tanaman hias ini. Lakukanlah penyiraman secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil bonsai beringin yang cantik dan bernilai tinggi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *